Stadium Kanker

Sistem TNM merupakan sistem standar dalam menentukan stadium kanker. Pada sitem TNM, kanker ditandai dengan kategori T, N, dan M.
T menggmbarkan tumor primer, dengan pembagian :
- Tx berarti tumor tak terukur
- T0 berarti tidak terdapat bukti bahwa tumor ada
- Tis berarti kanker in situ (kanker belum menyebar ke jaringan sekitarnya)
- T1, T2, T3, T4 berarti ukuran tumor dan evel invansi kanker terhadap jaringan sekitarnya.

Menggambarkan penyebaran kanker ke kelenjar getah bening setempat :
- Nx berarti penyebaran kanker ke kelenjar getah bening tak dapat dievaluasi/ ditentukan
- N0 berarti kelenjar getah bening setempat tidak mengandung kanker.
- N1, N2, N3, menggambarkan ukuran, lokasi dan / atau jumlah kelenjar getah bening yang terpengaruh.

M menggambarkan metastatis (penyebaran kanker ke bagian daerah lain):
-Mx berarti penyebaran kanker tidak dapat ditentukan
-M0 berarti tidak terdapat bukti bahwa metastatis ada.
-M1 berarti penyeberan jauh kanker terdapat

 

Setiap jenis kanker memiliki versi tersendiri dalam penentuan stadiumnya. Jadi, huruf dan angka tidak selalu berarti sama dengan jenis kanker lain. Misalnya pada beberapa kanker, pembagian stadium dapat dibagi lagi menjadi T3a dan T3b, sementara yang lain tidak memiliki kategori N3.
Jadi bila kanker seseorang disebut sebagai T1N2M0, berarti itu adalah tumor kecil (T1), tetapi telah menyebar ke kelenjar getah bening regional (N2) dan tidak memiliki metastatis terdeteksi (M0).
Selain sitem TNM, penggolongan jenis lain berupa stadium I, II, IIIatau IV (kadang-kadang staidium ini dapat dibagi lagi misalnya IIa, atau IIIb)
Stadium 0 adalah kanker in situ pada hampir semua kanker. artinya kanker masih dalam stadium dini, belum terdapat penyebaran kanker. Tetapi tidak semua kanker memiliki stadium 0.
Stadium I memiliki harapan hidup yang baik, sementara stadium diatasnya memiliki harapan hidup yang lebih buruk, walaupun pada banyak kasus masih dapat di obati.
Stadium kanker tidak berubah sesuai perkembangan kanker, kanker yang timbul kembali atau sudah sampai tahap menyebar tetap didiagnosa dengan stadium saat pertama kali ditemukan dan didiagnosa.
Misalnya seorang wanita pertama kali didiagnosa dengan kanker payudara staidium II dan telah mendapat pengobatan. Kemudian kanker tersebut muncul kembali dan menyebar ke tulang. Diagnosa wanita tersebut bukan kanker payudara stadium Iv namun tetap diagnosa kanker payudara stadium II, dengan tambahan diagnosis berupa kanker payudara stadium II dengan metastase ke tulang.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>